Kamis, 20 Mei 2010

YUK…! BIKIN PUDING

Pasti anda sudah tak asing lagi dengan penganan yang bernama puding…

Puding merupakan salah satu makanan yang cukup mudah untuk di buat. Siapa saja pasti bisa membuat puding. Puding yang berbahan dasar agar-agar ini banyak mengandung serat yang baik untuk tubuh dan pencernaan. Apalagi jika ditambahkan dengan buah-buahan yang beraneka ragam, sehingga puding juga mengandung vitamin dan mineral.

Sebelum anda memulai untuk membuat puding, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan antara lain adalah konsistensi cairan yang tepat, gunakan takaran yang pas agar puding mudah membeku. Apabila anda menggunakan campuran buah segar dalam puding dingin, sebelumnya diamkan sesaat agar uap rebusan daging buah berkurang. Tujuannya agar rasa buah tidak pahit karena teroksidasi panas. Pada pembuatan puding panas, gunakanlah api kecil saat memasaknya karena suhu panas yang terlalu tinggi akan menyebabkan pudding mengerut saat dimasak.

Berikut adalah salah satu resep puding yang patut anda coba untuk membuatnya dirumah…

© PUDING LAPIS MANDARIN ©

Bahan 1 :

· 1 kaleng jeruk mandarin, takar airnya hingga 350 ml

· 1 bungkus agar-agar bubuk warna putih

· 100 ml susu kental manis putih

· 2 putih telur, kocok kaku

· 50 ml air

Bahan 2 :

· 1 bungkus agar-agar bubuk warna cokelat

· 75 g gula pasir

· 500 ml air

· Sedikit pasta cokelat

· 200 gr fruit cocktail

Cara membuat :

1. Bahan 1 : Rebus agar-agar bersama air jeruk dan susu kental manis menjadi satu. Masak sambil diaduk perlahan hingga mendidih, angkat. Tuang adonan ke dalam kocokan telur, kocok terus hingga tercampur rata. Masukkan jeruk mandarin, aduk.

2. Bahan 2 : Rebus agar-agar bersama gula pasir, air, dan pewarna menjadi satu. Masak sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan fruit cocktail, aduk.

3. Penyelesaian : Adonan bahan 1 ke dalam loyang, biarkan hingga setengah mengeras. Tuangkan atasnya dengan bahan 2, biarkan hingga mengeras.

4. Sajikan dingin…

Selamat mencoba… ( ^_^ )/

0 komentar:

Posting Komentar

Previous Post Next Post Back to Top