Senin, 24 Mei 2010

Ular Unik Dari China


Beberapa minggu lalu, sewaktu saya membuka salah satu situs di google saya membaca tentang ditemukannya ular unik yang aneh di China. Ini gambar ular unik itu…




Katanya Ular ini ditemukan oleh Dean QiongXiu, ia melihat ular ini sedang bergantungan di dinding kamar mandinya. Seketika Dean langsung memukul ular itu dengan sepatu. Panjang ular itu sekitar setengah meter. Karena ular itu sudah mati lantaran terkena pukulan sepatunya Dean akhirnya ia merendam ular tersebut dengan alkohol.

Ular yang sudah ia awetkan ini akhirnya ia bawa ke Department of Life Sciences di West Normal University, Nanchang. Menurut ahli ular Long Shuai, penyebab munculnya kaki ini masih belum diketahui, untuk itu akan diadakan otopsi untuk mencari tahu penyebabnya. Keanehan pada ular ini dianggap sama seperti Kembar Siam.

Menurut buku “The Reptiles of The Indo-Australian Archipelago” karangan Dr. Nelly De Rooij ( 1917 ) dan “Malayan Snake” karangan R. D. Gillespie ( 1953 ), ular ini mirip dengan ular Tana, Wolf Snake atau Ular Rumah dengan nama latinnya adalah Lycodon aulicus. Panjang ular ini bisa mencapai 510 mm. Ular ini terdapat di Sumatra, Jawa, Bali, Sumbawa, Sumba, Savu, Rotti, Timor, Flores, Lomblem, Alor, Wetar, Saleyer, Sulawesi, Philiphina, Malaysia, Singapura, Penang, Andamans, Nicobars, China, Siam, Burma, Himalaya, India, dan pulau Ceylon. Ular betinanya dapat bertelur 3-9 butir setiap kali betelur. Selain itu, ular ini biasa hidup di lingkungan rumah dan biasa memangsa cicak, kadal dan serangga yang ada di dalam rumah. Sehingga sering kali ular ini ditemukan di dalam rumah. Karena hidup di dalam rumah tak heran kalau ia dapat dengan mudahnya bergantungan di dinding yang licin untuk mencari mangsa.






0 komentar:

Posting Komentar

Previous Post Next Post Back to Top