Jumat, 14 Mei 2010

WASPADAI PENYAKIT YANG SERING MENYERANG KAUM WANITA

Dibandingkan dengan pria, wanita cenderung lebih rentan terserang penyakit. Hal ini dikarenakan wanita lebih banyak mengalami perubahan drastis terutama dalam masalah hormonal, mulai dari kecil, remaja, dewasa hingga lansia perubahan tersebut terus terjadi. Nah…Berikut ini beberapa penyakit yang harus diwaspadai oleh para wanita :

§ Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis tumor ganas yang tumbuh dalam jaringan payudara. Dengan melakukan olahraga secara teratur kadar esterogen dalam tubuh dapat dikurangi, mengurangi makanan berlemak ( yang terdapat pada daging, mentega, margarin dll ), banyak-banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan serta makanan yang berserat, mengkonsumsi kacang-kacangan, serta suplemen antioksidan. Dengan melakukan hal tersebut, kanker payudara dapat dicegah. Selain itu pastikan berat badan anda ideal serta jauhi alkohol, dan tidak merokok.

§ Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang menyebabkan turunnya daya tahan tulang karena mengalami pengeroposan. Osteoporosis juga dapat menyerang remaja. Hal ini dikerenakan kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh. Kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh adalah sekitar 1000 sampai 1500 mg/hari, sedangkan vitamin D antara 400 sampai 800IU/hari. Kalsium dan vitamin D dapat diperoleh dari susu, sinar matahari, kedelai, ikan laut, jus jeruk, kuning telur, yogurt, brokoli dan sayur-sayuran.

§ Depresi

Para pria cenderung lebih tahan depresi daripada wanita. Biasanya depresi terjadi pada masa postnatal ( setelah melahirkan ) dan monopouse. Depresi terjadi dikarenakan turunnya kadar dopamine, norepinephrine, dan serotonin yang dapat menahan stress. Seseorang yang mengalami depresi biasanya akan ditandai dengan gejala-gejala seperti sedih, malu, merasa berdosa, tidak berdaya, sering menangis, gelisah, sukar tidur, tidak bergairah, menyendiri, sukar berkonsentrasi, serta sakit kepala dan otot-otot. Depresi dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, tidak membatasi diri, selalu berfikir positif, makan makanan yang bergizi, dan istirahat yang cukup.

Intinya semua penyakit dapat kita cegah apabila kita menerapkan pola hidup sehat, hindari merokok dan minuman beralkohol, rajin olahraga, istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi serta bersosialisasilah dengan orang lain tanpa harus membatasi diri sendiri…( ^_^ )/

0 komentar:

Posting Komentar

Previous Post Next Post Back to Top